Tangki Bocor….?????

tangki bocor adalah masalah yang kerap terjadi di kalangan penunggang kuda besi atau motor bertangki. Penyebab kebocoran adalah adanya air yang masuk kedalam tangki dan mengendap begitu lama sehingga menyebabkan korosi. Korosi adalah salah satu peristiwa dari reaksi kimia yang berlangsung lama. Jadi pengaratan atau korosi sebenarnya bisa dicegah.

awal dari tangki bocor adalah terjadinya pengaratan besi karena air dan kemudian mengikis permukaan besi bagian dalam tangki. lapisan besi yang terus terkikis kemudian menipis dan menjadi lunak. karena tekanan bensin didalam tangki begitu kuat, besi yang sudah terkikis itu tidak mampu lagi menahan tekanan yang diberikan bensin terhadap besi di dinding dalam tangki. akibatnya air pun menerobos keluar dari tangki yang sudah terkikis itu.Oleh karena itu ada baiknya anda mencegah dari pada mengobati.

Tips merawat dan mencegah tangki bocor.
1) Kuras tangki minimal 6 bulan sekali.
2) lapisi permukaan dalam tangki dengan lapisan resin atau fiberglass untuk mencegah korosi.
3) Lapisi permukaan luar tangki dengan cat anti karat.
4) jangan biarkan air merembes masuk kedalam tangki,(cek tutup tangki apakah sudah tertutup rapat)
5) kuras tangki secara rutin dan setelah itu jemur dibawah terik matahari sebelum diisi bensin.

Banyak orang melakukan berbagai hal untuk memperbaiki tangki motor mereka yang sudah bolong/bocor. Cara – cara yang mereka lakukan diantaranya adalah sbb.

A. Untuk sementara waktu ( jangka pendek, tahan sekitar kurang dari 1 tahun )

1. menambal menggunakan lem besi
tangki yang bocor tidak terlalu besar dapat ditambal menggunakan plat kecil/tipis yang ditempelkan dengan lem besi . sebaiknya gunakan lem besi yang kering dalam 5 menit. Jadi waktu yang dibutuhkan untuk menunggu keringnya lem tidak terlalu lama. langkah awal yang dilakukan sebelum mengolesi tangki yang bocor dengan lem adalah menguras bensin dari dalam tangki. hal ini dilakukan untuk mempermodah pengeleman sekaligus membuang kerak kerak dan air yang mengendap didalam tangki. setelah tangki dipastikan kosong dari bensin, maka barulah bisa dimulai penambalan. setelah penambalan selesai diamkan selama sehari penuh.
hal ini terbukti tidak ampuh karena hanya tahan sementara waktu sekitar 1 tahun kurang.

2. melapisi dengan sabun
jika dalam perjalanan tiba2 tangki motor anda bocor, carilah sabun colek dan lumuri/oleskan kepada bagian tangki anda yang bocor. Hal ini dilakukan untuk sementara sebelum memperbaiki tangki motor anda.

B. Untuk tahan dalam waktu yang lama ( sekitar 5 tahun lebih )

1. Melapisi bagian dalam tangki
jika terdapat titik kebocoran lebih dari satu sebaiknya lapisi permukaan dalam tangki anda dengan lapisan fiberglass ( terbuat dari resin yang ditambahkan katalis ) untuk mencegah korosi. fiberglass terbukti adalah bahan yang kuat dan anti karat.

2. melapisi bagian dalam dan luar tangki
untuk melapisi bagian luar tangki gunakan las untuk menempelkan lapisan atau plat yang digunakan. sebelum pengelasan, kosongkan tangki, dan jemur dibawah terik metahari sehari penuh. pastikan permukaan dalam tangki kosong dan kering. setelah itu barulah bisa dilas.
mengelas permukaan luar tangki yang bocor biasanya menggunakan las karbit atau kuningan. Lapisi dahulu permukaan luar tangki dengan plat lumayan tebal, kemudian tempelkan dengan las. setelah dilas lapisi bagian dalam tangki dengan lapisan fiberglass yang terbuat dari resin yang ditambahkan katalis yg dapat diperoleh di toko kimia terdekat. goyangkan tangki agar cairan fiberglass merata didalam. setelah itu diamkan hingga kering.
setelah lapisan plat besi tertempel sempurna cat ulang permukaan tangki yang dilas. sebaiknya gunakan cat anti karat untuk mencegah korosi.

tetapi usaha usaha yang dilakukan seperti diatas guna memperbaiki tangki hanyalah untuk sementara saja. Hal yang paling baik dilakukan adalah mencegah tangki anda bocor.

2 thoughts on “Tangki Bocor….?????”

  1. mas mau tanya..kalo di purwokerto bengkel bagus yang bisa melakukan jasa yang mas sebutin di atas dimana ya…apakah ada referensi….terimakasih…

    1. untuk di Purwokerto sendiri kurang tau untuk bengkel yang khusus tambal tangki, tapi kalo utuk tambah bagian dalam tengki dengan lapisan resin teman-teman dari PHCC biasa melakukan sendiri.
      tinggal beli resin dan catalis di toko bahan kimia saja bro.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s