Perhatikan Rantai Kendaraan Anda

Rantai Motor

Rantai motor adalah elemen sangat penting dari sepeda motor. Rantai melakukan tugas sulit dalam mentransfer/memindahkan tenaga dari mesin ke penggerak roda, rantai yang bermasalah bisa mempengaruhi laju motor dan tanpa inspeksi serta perawatan dapat mengakibatkan kegagalan, kelumpuhan dan bahkan membahayakan nyawa pengendaranya. Jadi, dalam perawatan sepeda motor, selain mesin, merawat rantai motor tak boleh luput dari perhatian anda.

Rantai kering

Hal pertama yg bisa menimbulkan masalah adalah rantai motor kering. Keringnya rantai bisa kita ketahui/cek dari munculnya bunyi gesekan dari arah rantai. Kondisi tersebut membuat laju motor menjadi tidak stabil. Penyebab rantai motor kering bisa terjadi karena malasnya kita melumasi bagian ini.

Penyebab lainnya yang bisa pula dari seringnya kita menerjang banjir, genangan air yang membuat rantai mudah terkorosi. Cara mengatasinya sederhana. Berilah pelumas pada rantai yang kering. Di pasaran saat ini sudah banyak diperjualbelikan cairan yang khusus untuk melumasi rantai motor. Cairan khusus ini lebih mudah digunakan ketimbang mengoleskan oli bekas.

Rata-rata, pemakai sepeda motor lebih sering melumasi rantai motornya dengan oli bekas. Ini tidak salah. Yang keliru, jika pelumas untuk rantai tersebut memakai oli baru, karena kekentalan oli baru tidak cocok digunakan pada bagian tersebut, efeknya rantai dan roda gigi bisa cepat aus dan rusak.

Rantai kendor

Faktor lain yang penting dalam merawat rantai motor adalah jangan membiarkan rantai kendor. Rantai motor yang kendor dapat mempengaruhi stabilitas laju sepeda motor. Kondisi tersebut sangat berbahaya, karena kemungkinan rantai lepas dan putus sangat besar.

Kendornya rantai motor disebabkan oleh roda gigi yang cepat tumpul dimana daya cengkeram roda gigi pada rantai menjadi berkurang. Mengencangkan rantai gigi pun ada aturannya. Secara sederhana, jika dipegang oleh tangan, rantai tidak terlalu tegang. Jika terlalu tegang, bisa menyebabkan rantai putus. Bahayanya jika kejadian tersebut terjadi saat anda melaju, rantai yang putus bisa membelit pada roda gigi. Roda akan slip dan macet yang bisa membahayakan pengendara.

Jadi, sering-seringlah mengecek kondisi rantai motor anda. Ingat, kenyaman dan keamanan berkendara diatas segalanya.

Sumber: Motodream Magazine

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s